Categories : TOEFL Preparation

 

toefl preparation

Sebelum ujian TOEFL, ada baiknya jika Anda mengikuti TOEFL preparation yang diselenggarakan oleh lembaga bahasa atau pusat bahasa inggris di daerah Anda. TOEFL ialah Test of English as a Foreign Language atau ujian Bahasa Inggris yang diorganisir sebuah lembaga Amerika bernama ETS (Educational Testing Service). Semua lembaga dan pusat bahasa bekerja sama dengan ETS ketika akan mengadakan TOEFL. Hasil skor yang diraih oleh para peserta dapat digunakan untuk pengajuan beasiswa, meneruskan pasca sarjana, syarat pertukaran pelajar, atau sekolah di luar negeri. Ada 3 jenis TOEFL yang sering diselenggarakan, yaitu PBT (Paper Based Test) dengan skor maksimum 677, IBT (Internet Based Test) dengan skor 120, dan CBT (Computer Based Test) dengan skor 330. Dari 3 jenis TOEFL tersebut, hanya skor dari TOEFL IBT yang dapat digunakan untuk sekolah di luar negeri karena berskala internasional. Sedangkan hasil skor dari PBT atau CBT hanya bisa dipakai di wilayah lokal saja, dan memiliki masa expired setelah 2 tahun.

TOEFL Preparation Untuk Meraih Skor Tinggi

Pada TOEFL IBT, meraih skor tinggi ialah tujuan hampir semua orang yang memiliki impian yang berbeda. Tetapi kebanyakan di antara mereka akan menggunakan skor TOEFL tersebut untuk karir akademik. Jadi tidak salah jika TOEFL preparation harus dipersiapkan sedini mungkin agar ketika menghadapi ujian sebenarnya sudah memiliki kemampuan teknis mengerjakan soal.

Tentu saja Persiapan untuk TOEFL tidak hanya mencakup belajar saja, tetapi juga siap mental dan memiliki motivasi yang tinggi sehingga ketika belajar TOEFL anda tidak terasa berat. Berikut 5 TOEFL preparation test yang harus diketahui:

  1. Mencari banyak informasi mengenai TOEFL preparation untuk membantu persiapan Anda. Selain mengasah kemampuan untuk 4 skills seperti Listening, Speaking, Reading, dan Writing, Anda juga harus rajin membaca informasi atau tips TOEFL agar mencapai skor tinggi di TOEFL.
  2. Berlatih soal-soal TOEFL dari buku atau internet. Anda bisa mendownload soal-soal TOEFL yang dapat mempersiapkan Anda menghadapi ujian TOEFL yang sebenarnya atau Anda dapat berlatih TOEFL dari buku yang menyertakan CD untuk sesi Listening.
  3. Berkunjung ke website ETS atau website yang menyiapkan simulasi ujian TOEFL. Ujian pre-test yang diselenggarakan oleh institusi terkadang tidak memiliki kecocokan waktu bagi Anda yang sibuk. Berlatih TOEFL secara online dapat menjadi solusi bagi Anda.
  4. Sering melatih kemampuan Speaking. Pada sesi Speaking, peserta IBT akan diminta membaca dan memberi opini tentang topik yang telah dipilih. Saat sesi Speaking berlangsung, peserta memakai headphone untuk mendengarkan perintah, dan microphone untuk berbicara. Pastikan kedua alat tersebut tidak rusak saat sesi sedang berlangsung.
  5. Melatih kemampuan Writing. Pada sesi ini, peserta akan diminta menulis essay berdasarkan dengan apa yang telah mereka baca dan dengar. Peserta harus bisa memberikan opini yang kuat terkait topik yang dibicarakan. Agar jawaban Writing memuaskan, Anda harus belajar bagaimana menulis sebuah paragraf, menggunakan tanda baca, dan menuliskan ide pokok dari opini Anda.

Mempersiapkan Diri dengan Kursus TOEFL Online

Dalam mempersiapkan ujian TOEFL, disamping belajar sendiri secara otodidak, mengikuti kursus atau les TOEFL juga harus dicoba oleh para calon peserta tes. Kursus TOEFL diadakan untuk membantu orang-orang memahami Bahasa Inggris lebih baik lagi. Biasanya, kursus ini diselenggarakan oleh lembaga bahasa atau pusat bahasa. Namun Ketika teknologi sudah semakin canggih, kursus TOEFL yang Anda ikuti tidak harus dengan pergi ke tempat kursus. Bila Anda termasuk orang yang sibuk, atau bahkan Anda tidak memiliki waktu untuk mengikuti kursus, maka berlatih dengan soal-soal TOEFL online dapat menjadi pilihan. Sekarang ini sudah banyak website-website yang menyediakan panduan belajar untuk TOEFL, menyajikan soal-soal TOEFL untuk latihan Anda, dan lain sebagainya. Waktu sebelum ujian TOEFL benar-benar berharga dan harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Hal ini karena TOEFL merupakan ujian Bahasa Inggris yang penting untuk karir akademik para siswa, sehingga skor yang tinggi menjadi tujuan semua peserta. Belajar TOEFL online hampir sama ketika Anda mengikuti kursus, seperti berlatih memperbanyak kosakata dalam Bahasa Inggris, membiasakan diri mendengar audio berbahsa Inggris, dan berlatih soal – soal simulasi TOEFL.

Ada point penting yang harus diingat jika ingin meraih skor tinggi, yaitu motivasi dan semangat yang tinggi dari dalam diri sendiri. Seperti diketahui, para peserta memiliki tujuan yang berbeda dalam mengikuti TOEFL. Tujuan – tujuan itu seperti Ingin mendapat beasiwa, melanjutkan sekolah di luar negeri, melanjutkan pasca sarjana. Jika ingin melanjutkan pendidikan, peserta harus hati-hati dalam menjawab soal, teliti mengerjakan soal, dan memiliki persiapan yang matang ketika ujian berlangsung. TOEFL tidak boleh dikerjakan secara asal, karena menyangkut kemampuan dalam Bahasa Inggris. Untuk lebih memahami Bahasa Inggris, mengikuti kursus TOEFL Online dapat menjadi solusinya.

Tips Pada Saat mengikuti Tes TEOFL

Sebelum mengikuti ujian TOEFL, disamping mengetahui bagaimana persiapan sebelum mengikutinya, alangkah baiknya jika Anda juga mengetahui dan memahami apa saja yang harus dilakukan pada saat menghadapi soal – soal TOEFL yang ada di depan Anda. Berikut adalah beberapa tips pada saat mengikuti ujian TOEFL:

  1. Santai dan jangan panik
  2. Konsentrasi pada pertanyaan. Jangan memperhatikan hal – hal lain di dalam ruangan selain pertanyaan di hadapan Anda.
  3. Jangan pernah berpikir untuk mencontek.
  4. Jangan memaksa menyelesaikan satu pertanyaan yang sekiranya susah untuk dikerjakan.
  5. Jawab dulu pertanyaan – pertanyaan yang sekiranya Anda yakin betul bisa mengerjakannya.
  6. Cek sekali lagi jawaban Anda (jika waktu masih memungkinkan) dan kali ini jawab pertanyaan yang tadi Anda tinggalkan.
  7. Jika telah yakin dengan jawaban Anda, maka tidak perlu lagi dipikirkan. Cepat beralih ke pertanyaan berikutnya. Ingat waktu Anda sangat terbatas.
  8. Tebak saja jika suda benar – benar tidak tahu jawaban atas suatu pertanyaan.
  9. Jangan pernah melamun saaat mendengarkan soal – soal Listening.
  10. Jangan pernah menjawab soal – soal Listenng sebelum soal benar-benar selesai dibacakan.
  11. Selalu percaya pada perasaan atau feeling
  12. Jangan merasa down walaupun Anda tidak yakin atas jawaban – jawaban pada section 1 (listening).
  13. Jawab semua pertanyaan. Jangan pernah mengosongkan lembar jawaban, karena jika jawaban Anda salah tidak akan dikurangi nilainya.

Untuk mengikuti ujian TOEFL, Anda bisa menentukan sendiri waktu dan tempatnya. Cara mendaftarnya cukup mudah, misalnya jika Anda ingin mengikuti TOEFL IBT yaitu dengan masuk ke website resmi ETS, mendaftar akun dengan nama sendiri, menentukan tempat dan waktu, lalu membayar USD $175 sebagai biaya pendaftaran. Sedangkan jika Anda ingin mengikuti TOEFL PBT atau IBT, Anda hanya datang ke Lembaga atau pusat bahasa yang menyelenggarakan ujian TOEFL, setelah itu Anda bisa langsung mendaftarkan diri dan membayar biaya pendaftaran dan setelah itu tinggal menunggu jadwal tesnya. TOEFL preparation yang dilakukan dengan matang merupakan salah satu cara untuk Anda dalam meraih skor TOEFL tinggi.

  •  
    106
    Shares
  • 106
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.

[GARANSI] Belajar Bhs Inggris Kilat 1 Bulan bisa Ngomong Tanpa Grammar 90% Praktek (KLIK_DISINI)