Categories : TOEFL Reading

 

Pada intinya, TOEFL reading adalah bagian terakhir dari keseluruhan rangkaian tes TOEFL sekaligus merupakan bagian yang paling panjang dengan alokasi waktu yang paling lama. Tentunya alokasi waktu ini sepadan dengan banyaknya bahan bacaan yang harus dibaca oleh para peserta tes TOEFL. Meskipun alokasi waktu yang diberikan cukup lama, Anda disarankan untuk menerapkan proses membaca cepat dan sekilas. Proses membaca semacam ini diperlukan latihan khusus karena Anda hanya perlu membaca beberapa bagian penting dari keseluruhan isi paragraf yang berkaitan langsung dengan deretan pertanyaan yang diajukan.

toefl reading - Soal TOEFL Reading dan Pembahasannya 01

Pada sesi Reading, Anda akan disajikan beberapa bacaan dengan berbagai topik atau tema dari disiplin ilmu yang berbeda- beda. Walaupun begitu, Anda tidak akan diuji mengenai pengatahuan dalam topik itu, tetapi yang akan diujii adalah tentang kemampuan reading Anda. Perlu Anda tahu bahwa semua jawaban sudah tersedia di dalam bacaan, baik secara implisit atau eksplisit. Pada saat Anda mengerjakan soal-soal Reading, Anda akan ditanya beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan; Topik bacaan, Main idea (ide pokok), Vocabulary (kosa kata), Details (rincian), Inference (kesimpulan), Reference (penyamaan dengan objek), dan Pengecualian. Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan diri untuk menghadapi tes Reading dengan cara membaca bacaan (berbahasa Inggris) dari bidang apa saja, walaupun Anda tidak menyukainya

Kunci TOEFL Reading: Kuasai Teknik Pembacaan yang Benar

Pertanyaan terkait dengan topik, tema, dan ide utama paragraf merupakan beberapa pertanyaan yang paling sering digunakan. Memiliki teknik pembacaan yang baik adalah mutlak diperlukan dalam pengerjaan TOEFL reading. Teknik pertama adalah teknik skimming yaitu membaca cepat untuk mencari ide pokok atau isi bacaan secara umum. Sedangkan teknik kedua atau yang jamak disebut sebagai teknik scanning yaitu membaca cepat suatu teks untuk mencari informasi tertentu. Dapat dikatakan bahwa bagian reading merupakan bagian termudah dalam tes TOEFL karena pada dasarnya semua jawaban pasti dapat ditemukan di dalam teks.

Tips Untuk Meningkatkan Kecepatan Membaca

Kemampuan membaca dengan cepat dan baik merupakan suatu skill yang bisa berkurang maupun bertambah tergantung pada seberapa sering Anda melatihnya. Berikut adalah beberapa tips agar kecepatan membaca Anda meningkat:

  1. Periksa kesehatan mata Anda (sebelum berlatih membaca cepat, pastikan bahwa Anda tidak sedang sakit mata atau mengalami kelainan pada mata Anda).
  2. Hilangkan kebiasaan mengucapkan atau menyembunyikan kata ketika membaca (vokalisasi).
  3. Hindari mengulang-ulang saat membaca (regressing/ rereading).
  4. Perluas jangkauan mata Anda. Bacalah langsung frasa per frasa bukan kata per kata.
    Misalnya kata per kata : All of this time.
    frasa per frasa : All of this time.
  1. Berlatih membaca setiap hari (berlatih sekitar 15 – 30 menit tiap hari)
  2. Hitung kecepatan membaca Anda
  3. Bacalah 3-4 artikel setiap harinya selama beberapa minggu
  4. Bacalah teks-teks bacaan yang lebih sulit dalam hal kosa kata, model dan isisnya.
  5. Gunakan finger-tracking (menggerakan jari dari atas ke bawah halaman).

Strategi Menjawab TOEFL Reading Comprehension

Walaupun jawaban pada sesi reading semua tersedia pada bacaan, namun Anda juga harus tahu strategi yang digunakan agar Anda mudah dalam mengerjakan soal-soal Reading. Strategi-strategi itu adalah sebagai berikut:

  1. Skimming teks bacaan sebelum Anda melihat pertanyaan. Jangan kuatir kalau ada kata-kata yang tidak Anda mengerti.
  2. Lihat/ cek pertanyaan untuk mengetahui bagian teks mana yang perlu Anda baca lebih teliti.
  3. Scanning paragraf tersebut untuk mencari bagian yang perlu dibaca secara intensif.
  4. Cobalah memahami arti dari kata-kata yang tidak Anda ketahui dengan memperhatikan konteks kalimat.
  5. Cek pertanyaan yang ada sekalii lagi untuk memastikan bahwa Anda benar-benar telah memahami pertanyaan tersebut.
  6. Kemudian jawab pertanyaan.

Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension

Soal TOEFL reading sangat bervariasi dan memuat berbagai topik serta tema mengenai berbagai hal. Contoh berikut merupakan contoh reading yang berkaitan dengan toefl vocab. Berikut adalah contoh sebagian soal TOEFL reading dan pembahasannya:

Questions 1-10 refer to the following passage

Awarded the Nobel prize for physics in 1918, German physics Max Planck is best remembered as the originator of the quantum theory. His work helped user in a new era in theoretical physics and revolutionized the scientific community’s understanding of atomic and sub-atomic processes.

            Planck intriduced an idea that led to the quantum theory, which became the foundation of twentieth century physics. In December 1900, Plnck worked out an equation that described the distribution of radiation accurately over the range of low to high frequencies. He had developed a theory which depended on a model of matter that seemed very strange at the time. The model required the emission of electromagnetic radiation in small chunks or particles. These particles were later called quantums. The energy associated with each quatum is measured by multiplying the frequency of the radiation, v, by a universal constant, h. Thus, energy, or E, equals hv. The constant, h, is known as Planck’s constant. It is now recognized as one of the fundamental constant of the world.

            Planck announced his finding in 1900, but it was years before teh full consequences of his revolutionary quantum theory were recognized. Throughout his life, Planck made significant contributions to optics, thermodynamics and stastistical mechanics, physical chemistry, and other fields. In 1930, He was elected president of the Kaiser Wilhelm society, which was renamed the Max II. Though deeply opposed to the fascist regime of Adolf Hitler, Planck remained in Germany throughout teh war. He died in Gottingen on October 4, 1947.

 

  1. In which of the following fields did Max Planck NOT make a significant contribution?
    a) Optics
    b) Thermodynamics
    c) Stastistical mechanics
    d) Biology
  1. Theword “revolutionary” as used in line 13, means…
    a) Dangerous
    b) Extremist
    c) Momentous
    d) Militarist
  1. It can inferred from the passage that Planck’s work led to the development of which of the following?
    a) The rocket
    b) The atomic bomb
    c) The internal combustion engine
    d) The computer
  1. The particles of electromagnetic radiation given off by matter are known as…
    a) Quantums
    b) Atoms
    c) Electrons
    d) Valences
  1. The word “universal”, as used in line 10 most nearly means…
    a) Planetary
    b) Cosmic
    c) Worldwide
    d) Always present
  1. The implication in this passage is that…
    a) Only a German physics could discover such a theory
    b) Quantum theory, which led to the development of twentieth century physics, is basically a mathematical formula
    c) Planck’s constant was not discernible before 1900
    d) Radiation was hard to study
  1. “An idea” as used in line 4, refers to…
    a) A model of matter
    b) Emission of electromagnetic radiation
    c) Quantums
    d) The equation that described the distribution of radiation accurately over the range of low to high frequencies
  1. The word “emission” as used in line 8 means…
    a) Giving off
    b) Holding on to
    c) Throwing away
    d) Taking back
  1. Planck’s constant, expressed in a mathematical formula, is…
    a) e = v/h
    b) E = h/v
    c) e = h-v
    d) E = hv
  1. What is known as Planck’s constant?
    a) v
    b) h
    c) e
    d) E

 

Jawaban dan Pembahasan

  1. (d)
    Paragraf terakhir menyatakan empat bidang yang dikontribusikan oleh Planck. Biologi tidak disebut sebagai salah satu kontribusi ini.
  1. (c)
    Dalam hal ini “revolutionary” memiliki arti yang hampir sama dengan “momentous”, karena penemuan Planck bersifat positif. Sedangkan pilihan lain memiliki konotasi negatif
  1. (b)
    Paragraf pertama menyatakan bahwa temuan Planck “revolutionized the scientific community’s understanding of atomic and sub-atomic processes.” Maka bisa disimpulkan bahwa hasil karyanya memberi jalan ditemukannya bom atom. Penemuan-penemuan lainnya seperti yang tersebut dalam pilihan jawaban a, c, dan d bukan akibat langsung dari penemuan Planck.
  1. (a)
    Bacaan diatas secara langsung menyatakan bahwa the particles of electromagnetic radiation given off by matter dinamakan quantums.
  1. (d)
    Di dalam konteks teori Planck, arti dari “universal” adalah “always present” pilihan jawaban lain adalah berkaitan dengan istilah geografi atau astronomi yang sama sekali tidak sesuai.
  1. (b)
    Quantum theory pada dasarnya adalah rumus matematika seperti dinyatakan dalam kalimat, “Thus energy, or E, equal hv.”
  1. (d)
    “Idea” merujuk pada “equation” seperti ada dalam pilihan (d). Walupun pilihan-pilihan jawaban lain disebutkan di dalam bacaan, tetapi mereka tidak mendefinisikan tentang “idea”.
  1. (a)
    “Giving off” adalah gerakan yang digambarkan di dalam frasa, “required the emission of electromagnetic radiation in small chunks or particles.”
  1. (d)
    “E = hv” dinyatakan dalam bentuk kata-kata, “Thus energy, or E, equals hv”
  1. (b)
    “h” adalah jawaban yang benar seperti terlihat di dalam kalimat, “The constant, h, is known as Planck’s constant.”

Apakah Sesi Reading Dapat Dijadikan Tolok Ukur Meraih Skor Maksimal?

Jika Anda gemar membaca dan menulis, maka sesi reading ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk dapat meraih skor setinggi-tingginya. Hal ini akan sangat menguntungkan untuk menutupi skor rendah pada sesi listening dan structure sebelumnya. Sehingga akan diperoleh hasil akhir yang sesuai dengan harapan serta kebutuhan. Sebagai kesimpulan, karena semua jawaban dapat dengan pasti ditemukan di dalam teks, maka sesi TOEFL reading ini dapat dikatakan merupakan bagian termudah dari keseluruhan proses tes TOEFL.

Walaupun sesi reading memakan waktu yang lama, namun jika Anda sudah terbiasa maka akan dengan mudah dan cepat dalam mengerjakannya. Untuk membuat sesi Reading terasa mudah, Ayo biasakan diri Anda dengan mencoba kuis dibawah ini!. Kuis TOEFL Reading ini adalah satu dari tiga kuis TOEFL yang ada. Untuk mencoba semua kuis dari tiga sesi TOEFL ITP, silahkan klik Tes TOEFL Online ini!

Reading Comprehension

Reading Comprehension Section

  •  
    53
    Shares
  • 53
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  


10 Responses to “Soal TOEFL Reading dan Pembahasannya”
Read them below or add one

  1. Terimakasih informasi yang berharga ini..GBU

  2. Santoso says :

    Terima kasih… sangat membantu.

  3. Makasih,sangat membantu kami

  4. Thanks, sangat membantu

  5. terimakasih atas pencerahannya…

  6. terimakasih

  7. thank you, sangat membantu

  8. saya mau subscribe tapi tidak bisa. something missing terus.. help

  9. terima kasih atas cuplikan dari test tersebut

    1. indana zulfa says :

      terimakasih sudah memberikan gambaran tentang test mendapatkan skort terbaik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.

[GARANSI] Belajar Bhs Inggris Kilat 1 Bulan bisa Ngomong Tanpa Grammar 90% Praktek (KLIK_DISINI)