Categories : TOEFL iBT

 

toefl ibt - Pengertian TOEFL IBT dan Cara Mendaftar 01

TOEFL IBT ialah jenis TOEFL berskala internasional yang nilainya diakui oleh dunia karena masuk di website ETS. IBT atau Internet Based Test merupakan ujian Bahasa Inggris yang dikerjakan secara online. Mulai dari pendaftaran, membayar biaya TOEFL, sampai dengan mengerjakan 4 sesi soal, karena diatur sendiri oleh ETS (Educational Testing Service), sebuah lembaga dari Amerika yang mengorganisir TOEFL. Empat sesi soal tersebut mencakup Listening, Reading, Speaking, dan Writing yang harus diselesaikan dalam waktu 4 jam. Karena berskala internasional, skor TOEFL bisa diterima di lebih dari 90 negara di dunia. Skor TOEFL juga dapat dipakai sebagai nilai tambah bagi orang yang ingin bekerja di perusahaan asing.

Bagi yang ingin mengikuti TOEFL IBT, disarankan untuk mempersiapkan diri dari segi mental dan juga kesiapannya dalam menjawab soal yang diberikan. Jenis soal untuk IBT ialah sebagai berikut:

  1. Reading

    Adalah sesi dalam TOEFL IBT yang menyajikan soal berupa bacaan dan pertanyaan. Pada sesi ini, para peserta diharuskan untuk menjawab pertanyaan yang berdasar pada 4 sampai 5 bacaan. Setiap bacaan pada sesi ini rata – rata berjumlah 700 kata dengan tema atau topik yang bersifat akademik. Dalam sesi ini, para peserta diminta untuk menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan ide utama bacaan, kesimpulan, kosakata, dan informasi penting yang ada dalam bacaan. Masing – masing bacaan terdiri dari 12 – 14 pertanyaan.

    Pada sesi ini, pengetahuan umum sangatlah penting. Hal ini karena bacaan yang disajikan dalam TOEFL IBT berkaitan dengan ilmu pengetahuan secara umum yang biasa digunakan di dunia akademik seperti di sekolah maupun Universitas. Oleh karena itu, para peserta dianjurkan untuk memperbanyak membaca atau menguasai pengetahuan umum untuk mempermudah dalam memahami bacaan berdasarkan konteks umum.

    Tips mengerjakan soal Reading TOEFL IBT

    Sebelum mengikuti tes atau ujian TOEFL IBT, Anda harus tahu apa saja yang harus dilakukan ketika sudah menghadapi soal. Berikut adalah Tips mengerjakan soal TORFL IBT:

    a. Kerjakan soal- soal dengan tenang dan jangan gugup.
    b. Bacalah tes bacaan untuk mendapatkan informasi dengan teknik scanning (membaca dengan hati-hati kalimat-kalimat tertentu untuk mengetahui maksud atau makna dari kalimat-kalimat tersebut).
    c. Kenali bagian dan tujuan dari bacaan agar Anda bisa memahami isi dari dan maksud bacaan tersebut.
    d. Tentukan ide-ide pokok dan poin-poin penting dalam bacaan, karena hal tersebut akan memudahkan Anda dalam menjawab berbagai macam soal Reading.
    e. Jawab pertanyaan tanpa ada keraguan.

  2. Listening

    Adalah sesi dalam TOEFL IBT yang meminta para peserta untuk mendengarkan suara Native Speaker dari audio. Pada sesi ini, sangat penting untuk menyediakan headset berkualitas untuk dapat mendengar suara Native Speaker dengan jelas.

    Pada sesi listening para peserta harus menjawab pertanyaan dari dua bentuk audio. Pertama, Anda akan mendengar 2 percakapan antar dua orang, misalnya seperti seorang mahasiswa dan dosen di sebuah Universitas. Pada bagian ini Anda diharuskan menjawab 5 pertanyaan. Kedua, Anda akan mendengar 4 kuliah atau diskusi akademik. Misalnya seperti pembahasan sebuah materi kuliah pada suatau Universitas. Masing – masing diskusi atau kuliah terdapat 6 pertanyaan yang harus dijawab oleh para peserta tes TOEFL.

    Pada sesi ini, ada beberapa hal yang akan diujikan untuk para peserta, meliputi:

    a. Pemahaman ide-ide pokok yang terkandung dalam percakapan dan diskusi akamdemik, poin-poin penting, kosakata dalam konteks yang berkaitan dengan ide pokok yang ada dalam audio.
    b. Mengenali maksud dari pembicara dari hal yang dibicarakan.
    c. Menarik dan menggambarkan kesimpulan dari percakapan dan pembahasan kuliah.
    d. Mengenali perubahan-perubahan topik dalam pembicaraan.

  3. Speaking

    Adalah jenis sesi pada TOEFL IBT yang menguji kemampuan berbicara Anda baik secara langsung maupun sudah terkonsep sebelumnya. Pada sesi ini, terdapat 6 soal yang dibagi menjadi 2 soal independen dan 4 soal terintegritas (saling berkaitan).

    Untuk soal independen, peserta harus menjawab 2 soal dengan topik yang familiar, dan berbicara dalam Bahasa Inggris mengenai sudut pandang peserta dari topik tersebut. Pada bagian ini kemampuan berbicara secara spontan dari para peserta sangat diuji, karena Anda akan diminta untuk berbicara secara langsung untuk memberikan penjelasan atau pendapat tentang isu atau topik yang lagi hangat dipeebincangkan di halayak ramai.

    Sedangkan pada bagian terintegritas, peserta diminta menjawab soal-soal yang berhubungan dengan materi yang telah disampaikan di awal yaitu Reading dan Listening. Kemudian, peserta akan diminta untuk berbicara dalam Bahasa Inggris melalui mikrofon dengan topik yang telah dipilih. Peserta juga akan diberikan sedikit waktu jeda sebelum mereka memulai berbicara. Ucapan peserta akan direkam secara digital dan dikirim ke ETS’s Online Scoring Network (OSN) dan dievaluasi oleh tiga hingga enam ahli.

  4. Writing

    Adalah sesi terakhir dalam TOEFL IBT dan merupakan sesi yang menguji kemampuan berpendapat para peserta dengan media tulisan. Pada sisi ini terdapat dua bagian tes, yaitu independen dan terintegritas (saling berkaitan).

    Pada bagian terintegritas, peserta diminta terlebih dahulu untuk membaca dan mendengarkan sebuah diskusi yang mempunyai topik atau tema yang sama, setelah itu Anda akan diminta untuk menulis poin-poin penting (kesimpulan) dari apa yang Anda dengar dengan bacaan yang sudah Anda baca.

    Sedangkan pada bagian independen, peserta diminta menulis opini mengenai tema dari sudut pandang peserta. Semua tulisan dari para peserta akan dikirim ke ETS OSN dan dievaluasi oleh empat ahli.

TOEFL IBT dan Manfaatnya

TOEFL yang berjenis IBT sangat besar pengaruhnya pada karir pendidikan Anda sebagai siswa. Seperti diketahui, sebagian orang sangat ingin belajar di luar negeri. Tetapi kendala berupa bahasa asing menjadi salah satu tantangan tersendiri dalam hal komunikasi. Bahasa Inggris memang sering dianggap sebagai bahasa yang sulit dipelajari. Namun, jika motivasi Anda dalam mempelajarinya sangat kuat, maka hal tersebut tidak menjadi masalah. Apalagi sekarang, belajar Bahasa Inggris menjadi sangat mudah. Saat Anda tidak dapat menemukan waktu untuk mengikuti kursus, pilihan belajar online dapat menjadi solusi. Pembelajaran Bahasa Inggris yang praktis dapat dilihat di You Tube, atau website yang menyediakan video.

Ketika Anda merasa kemampuan Bahasa Inggrisnya semakin berkembang, mengikuti TOEFL jenis ITP atau Institutional Test Program dapat menjadi tolak ukur untuk menentukan seberapa jauh level Anda. TOEFL ITP dapat dijadikan pengalaman sebelum mengikuti IBT dengan tingkatan soal yang lebih sulit karena ada sesi Speaking yang membuat Anda harus berbicara dalam Bahasa Inggris mengenai suatu topik yang telah ditentukan. Ketika skor ITP hanya bisa dipakai di sekolah lokal, skor IBT dapat dipakai di lebih dari 90 negara. Secara keseluruhan, manfaat TOEFL jenis IBT ialah:

  1. Sebagai persyaratan untuk sekolah di luar negeri,
  2. Sebagai syarat untuk melanjutkan pendidikan pascasarjana,
  3. Sebagai syarat untuk pengajuan beasiswa di dalam maupun di luar negeri.

Jadi, jika ingin karir akademik Anda berkembang. Anda dapat mengikuti TOEFL IBT yang diselenggarakan oleh lembaga bahasa yang terkoneksi langsung dengan ETS. Sistem penilaiannya sendiri ialah sebagai berikut:

  1. Listening (Low: 0-13 points, Intermediate : 14-21, High : 22-30)
  2. Reading (Low : 0-14, Intermediate : 15-21, High : 22-30)
  3. Writing ( Limited :1.0-2.0, Fair : 2.0-3.0, Good : 4.0-5.0)
  4. Speaking (Weak :0-1, Limited : 1.5-2, Fair : 2.5-3, Good : 3.5-4)

Cara Pendaftaran TOEFL IBT

Persiapan yang telah matang, serta motivasi yang tinggi dalam meraih skor sudah ada pada diri Anda. kini waktunya mendaftar. Cara mendaftar TOEFL IBT ialah:

  1. Masuk ke website ETS www.ets.org),
  2. Buat akun pribadi di website tersebut,
  3. Tentukan waktu untuk melaksanakan test,
  4. Membayar USD $175 dengan menggunakan kartu kredit.

Download Ebook : Tahukah Anda? Sekarang Tes TOEFL IBT diselenggarakan di beberapa Lembaga di Dunia. Lembaga di Indonesia adalah salah satunya.Mau tahu apa saja Lembaga dan Negara – Negara tersebut? Silahkan klik disini untuk mengunduh.

Jika Anda sudah menentukan universitas luar yang dipilih, Anda bisa meminta pihak ETS untuk langsung mengirimkan hardcopy berisi skor TOEFL ke universitas tersebut tanpa tambahan biaya. ETS sudah bekerja sama dengan Universitas lebih dari 90 negara, jadi dokumen akan dikirim kemana bisa langsung dipilih dari website. Nilai TOEFL IBT biasanya akan keluar dalam kurun waktu dua minggu.



Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.

[GARANSI] Belajar Bhs Inggris Kilat 1 Bulan bisa Ngomong Tanpa Grammar 90% Praktek (KLIK_DISINI)