Categories : Tips TOEFL

 

Kebanyakan peserta yang mengikuti ujian TOEFL berharap agar mendapat nilai TOEFL yang tinggi sehingga hasil kerja keras mereka dalam belajar akan terbayar. Seperti diketahui, test TOEFL sangat diperlukan untuk siswa yang ingin sekolah di luar Indonesia. Pengajuan S2 dan beasiswa pada pemerintah atau swasta juga memberikan syarat adanya skor TOEFL dengan nilai tertentu. Sedikit banyak, ini akan memberikan motivasi bagi Anda untuk dapat meraih skor TOEFL yang tinggi. Ujian TOEFL bukan ujian biasa karena semua peserta akan mengerahkan seluruh kemampuan dan pengetahuannya dalam Bahasa Inggris dengan menjawab ratusan soal. Ratusan soal tersebut dibuat berdasarkan macam-macam topik seperti sejarah, pendidikan, dan lain-lain. Tidak hanya itu saja, penggunaan tanda baca juga akan dinilai pada test ini. Jadi ketelitian dan kehati-hatian termasuk point penting dalam mengerjakan TOEFL.

nilai toefl

Nilai TOEFL dan Manfaatnya Untuk Siswa

Sekolah di luar negeri merupakan impian hampir semua siswa. Alasannya macam-macam, dari permintaan orangtua sampai keinginan sendiri. Meski pendidikan Indonesia tidak kalah dengan luar negeri, namun bisa sekolah di luar ialah hal yang membanggakan. Sekolah-sekolah di luar negeri memberlakukan beberapa syarat agar siswa tersebut diterima, salah satunya ialah adanya nilai TOEFL dengan skor yang ditentukan. Skor TOEFL yang tinggi juga dapat menentukan seberapa bagus Anda dalam berkomunikasi dengan bahasa asing. Karena di luar negeri, bahasa ibu tidak dapat digunakan.

Sebagian siswa mungkin berpikir apa manfaat skor TOEFL untuk mereka, dan kenapa mereka harus mencapai nilai yang tinggi pada test. Jawabannya ialah:

  1. TOEFL dapat mengasah kemampuan siswa. Dengan mendapat skor tinggi, maka para siswa akan mampu meningkatkan karir mereka di bidang akademik.
  2. TOEFL merupakan bukti kerja keras siswa dalam belajar. Sebagai siswa, tentu Anda ingin tahu apakah persiapan Anda dalam belajar Bahasa Inggris akan memberikan bukti yang nyata. Jika skor TOEFL Anda meraih nilai tinggi atau sedang, hal itu sudah membuktikkan upaya keras Anda dalam belajar.
  3. Nilai TOEFL dipakai sebagai syarat masuk universitas di lebih 90 negara. Dari TOEFL, mereka melihat kemampuan Anda dibidang Listening, Reading, Writing, dan Speaking.

Skor TOEFL ditentukan dari seberapa bagus para peserta dalam menjawab soal. Karena itu, setiap peserta diharapkan untuk teliti dalam mendengarkan native speaker berbicara (Listening), membaca teks (Reading), menulis paragraf (Writing) dan juga berbicara (Speaking).

Cara Meraih Nilai TOEFL Sesuai Target

Universitas atau Akademi di luar negeri biasanya menentukan skor TOEFL agar bisa menjadi siswa si tempat tersebut. Oleh karena itu, jika Anda memiliki keinginan untuk sekolah di luar Indonesia, Anda harus menanamkan motivasi pada diri Anda bahwa Anda bisa meraih skor yang ditentuka tersebut. Jadi, sebelum ujian TOEFL, hal yang harus dilakukan adalah:

  1. Melatih kosakata dengan membaca majalah atau koran bahasa inggris, sering mendengarkan film atau lagu bahasa inggris, sering berlatih berbicara atau menulis paragraf dalam bahasa inggris.
  2. Rajin mengikuti pre-test,
  3. Persiapan TOEFL jauh sebelumnya,
  4. Mengikuti kursus TOEFL,
  5. Berlatih soal-soal TOEFL yang ada di buku atau internet.

Dengan banyak berlatih, maka target nilai yang diinginkan akan tercapai. Tetapi point yang utama ialah motivasi untuk mendapatkan nilai TOEFL itu sendiri. Jika motivasi datang dari diri Anda, belajar seberat apapun akan terasa menyenangkan.



Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.

[GARANSI] Belajar Bhs Inggris Kilat 1 Bulan bisa Ngomong Tanpa Grammar 90% Praktek (KLIK_DISINI)