Categories : Tips TOEFL

 

Meraih score TOEFL yang tinggi merupakan tujuan para peserta yang ikut dalam ujian TOEFL. TOEFL ialah sebuah test Bahasa Inggris yang dapat mengasah kemampuan peserta dalam memahami Bahasa Inggris. Di Indonesia, TOEFL terbagi dalam 3 jenis test berdasarkan nilai maksimum yang diraih, yaitu IBT (Internet Based Test) dengan score tertinggi 120, PBT (Paper Based Test) dengan skor 677, dan CBT (Computer Based Test) dengan skor maksimal 330. Hasil ujian TOEFL tersebut biasanya diperlukan untuk pengajuan beasiswa dari swasta atau pemerintah, pengajuan S2, dan untuk keperluan sekolah di dalam atau luar negeri. Agar mendapat nilai yang diinginkan, tidak jarang jika banyak peserta mengikuti TOEFL lebih dari sekali.

score toefl

TOEFL termasuk test Bahasa Inggris yang cukup sulit. Para peserta diharuskan menjawab pertanyaan yang dibagi ke dalam beberapa sesi. Tiap sesi mencakup satu skill dalam bahasa inggris. Peserta memiliki waktu yang terbatas untuk menjawab ratusan soal. Oleh karena itu, peserta juga disarankan memiliki time management yang baik. Jika tidak, maka peserta akan kehabisan waktu dalam menjawab soal. Skill Listening, Reading, Writing, Speaking dan Grammar/Structure ialah bahan yang harus dipelajari sebelum menghadapi ujian TOEFL.

Score TOEFL Yang Tinggi Dapat Menjadi Bukti Kerja Keras

Beberapa orang ada yang belajar Bahasa Inggris dari usia belia. Mereka mengikuti kursus, atau sering berinteraksi dengan orang lain yang bisa berbahasa Inggris. Hal ini tentu bisa disebut menguntungkan bagi orang-orang tersebut. Untuk mengetahui apakah Anda mahir dalam Bahasa Inggris, mengikuti ujian TOEFL bisa menjadi cara untuk membuktikannya. Kemampuan Anda di bidang Reading, Writing, Listening, dan Speaking akan diuji lewat serangkaian pertanyaan berjumlah ratusan soal. Hasil kerja keras untuk memahami bahasa asing tersebut akan terbukti lewat skor yang diraih. Jika meraih nilai TOEFL tinggi, hal ini akan sangat membanggakan karena hasil kerja keras Anda selama ini dalam belajar Bahasa Inggris terbayar lunas. Semakin tinggi nilai yang didapat, akan semakin mudah untuk dapat rekomendasi sekolah bagus di luar negeri.

Cara Meraih Score TOEFL Tinggi

Sebelum mengikuti ujian TOEFL, peserta disarankan untuk banyak berlatih agar pengetahuan 4 skillnya bertambah. Berikut ada 5 cara dalam meraih score TOEFL tinggi, yaitu:

  1. 1. Berlatih soal-soal TOEFL dari internet atau buku,
  2. 2. Sering mendengarkan lagu atau video Bahasa Inggris untuk menambah kosakata dan melatih pendengaran agar terbiasa dengan Bahasa Inggris, dan juga sering berlatih membaca kata dalam Bahasa Inggris pada koran atau majalah. Jangan lupa juga untuk sering berbicara menggunakan Bahasa Inggris.
  3. 3. Mempersiapkan diri sedini mungkin sebelum ujian TOEFL,
  4. 4. Banyak mengikuti pre-test atau simulasi ujian TOEFL untuk menguji seberapa jauh kesiapan Anda dalam mengikuti ujian TOEFL,
  5. 5. Pintar dalam time management. Meski ujian TOEFL berlangsung cukup lama sampai 4 jam, namun dengan banyaknya soal yang harus dijawab, waktu tersebut akan terasa singkat. Jadi, jangan terpaku pada satu soal saja dan pastikan Anda memeriksa kembali jawaban sebelum dikumpulkan.

Ketika belajar TOEFL atau berlatih mempersiapkan diri, Anda membutuhkan partner yang juga ikut ujian TOEFL agar dapat saling mengoreksi jika ada kesalahan. Bila tidak ada partner, Anda dapat meminta bantuan pada guru Bahasa Inggris di sekolah atau tempat kursus. Persiapan yang matang sebelum ujian, tentu akan meningkatkan score TOEFL.



Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.

[GARANSI] Belajar Bhs Inggris Kilat 1 Bulan bisa Ngomong Tanpa Grammar 90% Praktek (KLIK_DISINI)